Senin, 02 Oktober 2017

Unit input dalam komputer

Input Device atau biasa disebut perangkat masukan adalah perangkat yang berguna untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat input ini biasa digunakan untuk memasukan sebuah data, file atau kode-kode yang nantinya akan ditampilkan berupa sebuah informasi yang bisa kita lihat. Ada beberapa tentang perangkat input yang harus kita pahami, Yaitu apa aja jenis perangkat masukan, seperti apa fungsi perangkat masukan dan juga bagaimana kegunaan perangkat masukan.tersebut


Macam - Macam Perangkat Masukan (Input Device): 


1. Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.



                                         


                                       2. Mouse
Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.








                                        


3. Joystick
Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.


                                   4. Card Reader
Card Reader adalah perangkat tambahan komputer yang berfungsi untuk membaca kartu memori handphone dan kartu memori lainnya seperti SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD(Memory Stick Duo) Card dan lainnya yang akan dihubungkan kedalam sebuah port usb pada komputer atau laptop, untuk membaca isi atau data dari media penyimpanan Memori yang terpasang


  


 5. Microphone

Microphone adalah perangkat keras keluaran yang dapat menangkap gelombang suara lalu merubahnya menjadi getaran listrik. Microphone ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara atau menjadi media rekaman suara yang divisualkan melalui gelombang getaran suara.






                                       6. WebCam
WebCam adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital





                                       7. Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.







                                       8. Scanner
Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.




Mungkin sementara itu saja yg bisa saya share ke teman-reman semua , mungkin kritik dan saran tulis di komentar yaaa ...!!

Abdul Adim Ashar - Umsida - 1B1




Tidak ada komentar:

Posting Komentar